StupidBot – Auto Tags (SEO to the MAX!)

Auto Tags
Auto Tags Untuk StupidBot Campaign

Sebuah tutorial singkat dengan tujuan menampilkan Auto Tags di campaign StupidBot. Plugin StupidPie yang digunakan adalah versi 2.0.9 non ioncube. Perbedaan hasil atau error yang terjadi akibat beda versi silahkan dicari solusinya masing – masing.

Yang merasa tidak perlu atau sudah mengerti kegunaan auto tags, bisa langsung download file yang sudah di edit dan bisa langsung di copy – paste ke dalam folder stupidpie masing – masing.

Download Instant Files

Tujuan Auto Tags?

Auto tags akan memberikan berbagai kegunaan bagi blog AGC StupidPie kita, dan juga meningkatkan on-page SEO kita secara drastis. Bisa dibilang dengan adanya tags, blog kita akan lebih mudah untuk berkembang dan beradaptasi.

Berkembang

Category tidak lagi menjadi batas untuk sistem ‘grouping‘ post, bounce rate akan berkurang karena visitor punya kesempatan untuk mencari sesuatu yang lebih fokus. Masih banyak lagi contoh – contoh lain untuk menjelaskan berkembang, misal:

  • Contoh niche yang digunakan saat ini: bali
  • Bila melakukan targeting via category(seharusnya), dibuatlah category dengan nama: bali
  • Dengan begitu banyak focus keyword yang tersedia untuk niche ini, bisa terlihat berantakan kalau di aplikasikan sebagai sub-category.
  • Auto Tags hadir dan berperan sebagai salah satu solusi untuk menargetkan berbagai focus keyword tersebut.
  • Saat visitor selesai membaca artikel utama kita, mereka pasti tertarik untuk membaca lebih jauh seputar topik terkait (dengan asumsi tampilan tags sudah di maksimalkan, dan artikel juga sudah di sisipkan related internal links ke tags yang ada).
  • Semua artikel pendukung(hasil AGC) tetap berada dalam satu category(super targeting), tapi masih terdapat beberapa group(focus keyword as tag) yang lebih detail dan masih dalam satu niche.
Targeting Diagram
Simple Targeting Diagram Image

Berdasarkan gambar di atas, kurang lebih nanti susunannya seperti ini:

BALI (NICHE)

 

Focus Keywords:
  • Bali Kuta
  • Bali Ubud
  • Bali Tour
Long Tail Keywords:
  • Place to Visit in Bali 2016
  • Top 10 Bali Tourism Spot
  • Top 10 Bali Tourist Destination Spot
  • Beautiful Beaches in Bali
Tags:
  • Place to Visit
  • Top 10 Bali
  • Beautiful Beaches
  • Visit in Bali 2016
  • Bali Tourism Spot
  • Bali Tourist Destination
  • Etc…

Focus Keywords ditargetkan melalui artikel utama (manual atau beli jadi), Long Tail Keywords menargetkan Focus Keywords (artikel utama otomatis membantu long tail keywords), dan auto tags semakin memperkuat internal link yang sudah ada, karena masih dalam satu category, maka semua hasilnya semoga bisa menargetkan si niche monster tersebut.

Dengan strategi diatas, tags adalah faktor penentu berkembang atau tidak nya blog kita nanti. Bagian ini penting, jadi harap di baca sampai mengerti sepenuhnya sebelum mengikuti tutorial auto tags selanjutnya.

Beradaptasi

Peran auto tags sebagai bantuan untuk beradaptasi sangat besar. Bagi yang belum memperhatikan, hampir setiap themes ataupun plugins yang beredar memiliki fungsi spesifik untuk tags. Coba mulai perhatikan, opsi – opsi yang ada di halaman setting theme masing – masing.

Yang banyak digunakan contohnya adalah slider di homepage, jarang yang menjadikan recent post sebagai acuan untuk mengisi content slider, terlebih slider untuk homepage. Pilihan yang disediakan biasanya ada dua, antara berdasarkan sebuah category khusus yang harus dibuat secara manual, atau menjadikan tag sebagai acuan.

Menambah category sama saja dengan masuk ke niche baru, menambah tag yang masih dalam satu category tidak sama dengan membuka niche baru (karena masih termasuk dalam satu category). Lagipula blog berisi banyak category cenderung terlihat tidak rapi.

Sebagai contoh lagi, untuk auto inline internal link. Plugin WP Auto Links & Related Posts, atau bisa juga Inline Related Posts Pro, lagi – lagi categories dan tags adalah opsi yang diberikan untuk dijadikan acuan. Dengan demikian alasan yang sama dengan slider homepage pun juga turut berlaku disini.

Dan terakhir adalah beradaptasi supaya bisa mendapat fitur maksimal dari plugin SEO terlaris 2 tahun belakangan ini, siapa & apa lagi kalau bukan WP SEO by Yoast. Fitur dynamic meta templates yang tersedia sangatlah membantu dalam kegiatan blogging kita sehari – hari. Dan menggunakan tags pada title template atau excerpt template tentunya menghemat waktu kita yang berharga. Hal ini terbukti karena pengguna plugin tersebut sudah memasuki jumlah jutaan.

Dari dua aspek diatas, sudah jelas kan kalau tags itu adalah komoditi yang sangat berharga dan sudah selayaknya kita usahakan untuk ada di setiap post di website kita. Sebelum terlalu jauh, mari kita mulai sekarang untuk bagian teknis nya.

Auto Tags for StupidBot Campaign

Sekali lagi untuk yang tidak biasa mengutak – atik php, bisa langsung download file yang sudah jadi dan tinggal di baca instruksi yang sudah termasuk di dalam file nya. Perbedaannya nyaris tidak ada, tapi bagi yang mengikuti step by step nya semoga bisa lebih mengerti apa yang mau kita cari, dan bagaimana mencarinya.

Download Instant Files

Untuk yang penasaran dan mau tau asal – usul dan cara untuk menambah auto tags di dalam campaign stupidbot (bagus!) 🙂 Mari simak tutorial nya berikut ini atau bagi yang lebih seneng nonton video, ini ada video tutorial singkat nya 🙂



StupidPie adalah sebuah kantor, yang mempunyai berbagai tingkatan dan disertai dengan penanggung jawab nya masing – masing (ini juga berlaku untuk semua jenis script, program,tools,dkk..). Untuk mempermudah, kita beri nama ‘handler‘. Tanggung jawab si handler adalah memproses data dari handler lain, mungkin handler tersebut membutuhkan bantuan juga dari handler lain.

Handler – handler tersebut pada akhirnya pasti mengembalikan hasil proses data tadi, kembali kepada handler pertama, untuk kemudian ditampilkan kepada kita atau sebutan idealnya adalah sebagai ‘End User‘.

Dari pemahaman itu kita bisa mendapatkan petunjuk penting dan proses pencarian bisa dipersingkat atau di eliminasi. Tujuan kita adalah menyisipkan “Auto Tags“, dan kita mau itu terjadi pada saat proses ‘stupidbot campaign‘ sedang berjalan.

Kesimpulannya adalah kita tinggal mencari si handler nya stupidbot (entah kenapa hal mendasar ini ternyata susah waktu harus dijelaskan).

Untungnya struktur StupidPie masih tergolong bersahabat karena tidak terlalu banyak isi file nya. Etika programmer juga turut membantu, kita tinggal melihat nama file – file yang ada dan tidak perlu bertanya kepada om Einstein kalau handler stupidbot terletak di:

stupidpie/includes/sbp-campaign/stupidbot-campaign.php

Disini kita perlu bersyukur dan berterima kasih banyak kepada ‘Mas Buchin beserta Crew Dojo lainnya‘ yang menerapkan standar tinggi pada produk nya sampai – sampai pelanggan pun bisa sedikit meraba – raba sedikit ke dalam produk nya. 🙂

Langsung saja kita buka file tersebut, dan bisa langsung fokus ke line berikut (Penjelasan rinci dari baris pertama tidak disertakan karena saya juga ga ngerti).

55. $title = $this->convert_title_case($keyword);

Apakah maksud dari fungsi tersebut? Bagi yang menjawab “Judul Post/Article’s Title“, selamat! Bahasa Inggris anda bagus (y)

Untuk lebih tepatnya disini adalah “Persiapan Judul“, karena belum ada post yang dibuat di tahap ini. Si handler baru cek gudang untuk mencari status ketersediaan keywords yang kita input di proses pembuatan campaign. Ini sekedar mencari, baris selanjutnya lah yang bertugas untuk benar – benar memastikan status keberadaan si ‘keyword-calon-judul’ tadi.

57. $exist = $this->post_exists($title);

Tapi tunggu dulu! Disinilah peluang kita untuk melakukan ‘intervention’, dan menyisipkan beberapa baris baru untuk di ikut sertakan (Umpama bikin KTP, pas di kelurahan ketemu tetangga sebelah lagi tugas piket. Kita minta tolong supaya formulir kita diangkat beberapa baris atau kalau bisa langsung di paling atas biar langsung di proses).

Menentukan Auto Tags Dengan Baik Dan Benar

Bersosialisasi dengan tetangga adalah sebuah bentuk Birokrasi, semakin dekat semakin untung 🙂

Kesempatan harus digunakan sebaik – baiknya, tag kita nanti harus sejalan dengan niche kita. Sangat beruntung kita berada di tahap ini, dan jalan masuk kita adalah StupidPie, dimana “Keywords” yang kita set di campaign, akan menjadi judul artikel. Apa lagi yang lebih cocok dijadikan Auto Tags, kalau bukan penggalan – penggalan dari keyword target nya? *Enak lee..*

Ada handler sedang bertugas mencari keyword untuk dijadikan judul, berarti tinggal kita contek si judul ini, dan kita pecah belah menjadi kata – kata tunggal. Memang pintar developer PHP, fungsi yang kita butuhkan ternyata sudah tersedia tanpa perlu susah payah lagi.

// Auto Tagging Start
// Split Title
$spt = explode(" ", $title);

Fungsi yang kita gunakan adalah ‘explode($delim, $string,);’, dengan fungsi membagi kalimat yang kita input sebagai $string, sesuai dengan pembatas atau $delimiter yang kita tentukan.

Contoh keyword: "Top 10 Bali Tourist Destination Spot"

Maka dengan mudahnya kita terapkan fungsi explode seperti ini:

$spt = explode(" ", $title);

" " adalah delimiter atau pembatas kita, yaitu spasi.

$title adalah apa yang dicari si handler tadi di gudang,
yaitu keyword.

Di tahap ini, kita berhasil memiliki array berikut:

Array (
[0] => 'Top'
[1] => '10'
[2] => 'Bali'
[3] => 'Tourist'
[4] => 'Destination'
[5] => 'Spot'
)

Yang akhirnya bisa kita manfaatkan langsung menjadi Auto Tags

$tags = $spt[0].' '.$spt[1].' '.$spt[2].',';
$tags .= $spt[2].' '.$spt[3].' '.$spt[4].' '.$spt[5].',';
$tags .= $spt[2].',';
$tags .= $spt[0].' '.$spt[1].' '.$spt[3].' '.$spt[4].' '.$spt[5].',';

Tinggal dikembangkan sesuai dengan imajinasi dan 

kreatifitas masing - masing :D

Sampai sini bisa kita pahami terlebih dahulu, bahwa tutorial ini membutuhkan satu set keywords yang berpola. Kenapa begitu? Supaya nanti Auto Tags yang kita sisipkan di post memiliki satu pola atau lebih, dan secara tidak langsung akan dikelompokkan secara lebih tertarget. Dan sebagai pemanis, bisa diambil sesuai kebutuhan satu atau dua tag yang hanya terdiri dari satu kata, untuk memberikan efek acak.

Fungsi Terakhir Dan Penutup

Belum selesai, sob! Tadi kita baru melakukan hal yang sama seperti si handler yang mencari judul di gudang. Yang kita lakukan sebelumnya cuma menetapkan Auto Tags, dan sekarang berkat tetangga dekat kita tadi, formulir kita langsung dipanggil dan ini yang harus kita lakukan sebagai penutup.

Variable $tags adalah data yang harus kita ikut sertakan ke proses pembuatan artikel, dan itu bisa kita realisasikan dengan cara berikut:

Cari baris yang berisikan kode ini, harusnya cuma terpisah 
tidak lebih dari 10 baris dari baris terakhir si $tags

$my_post = array(
 'post_title' => $title,
 'post_content' => 
spp($keyword, $campaign['template'], $campaign['hack']),
 'post_status' => 'publish',
 'post_author' => 1,
 'post_category' => array($catnow)
 );

Itu adalah antrian terakhir sebelum akhirnya sebuah artikel 
akan diproses dan dibuat. 

Sisipkan $tags seperti berikut:

$my_post = array(
'post_title' => $title,
'post_content' => 
spp($keyword, $campaign['template'], $campaign['hack']),
'post_status' => 'publish',
'post_author' => 1,

// Add our tags to the processing queue
'tags_input' => $tags,

'post_category' => array($catnow)
);

Selesai sudah misi kita 🙂 Tinggal dicoba praktik langsung melalui test campaign stupidbot.

Ditunggu ya laporan hasil nya nanti 🙂

Sekaligus dengan selesainya misi kita tadi, berakhir juga artikel ini, mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan atau kurang benar.

Dan seperti biasa, semoga bermanfaat!

0 comments

  • Hello, guest